Berita
PRIMALINKnet Fasilitasi Comm-IT Gathering 2024 di Bandung

PRIMALINKnet, layanan internet bisnis dari PT Primacom Interbuana (Primacom), memfasilitasi penyelenggaraan Comm-IT Gathering 2024 di Bandung pada Jumat (23/2). Selain menjadi sarana silaturahmi dan memperkuat ikatan kekeluargaan antara seluruh anggota, ajang ini juga menjadi sarana berbagi wawasan melalui seminar bertajuk “Sudah Amankah Data Perusahaan Saya?”. Pakar information security, Jeffrey Sukardi, diundang secara khusus menjadi pembicara dalam seminar ini.

Dengan latar belakang profesionalnya sebagai Division Head of Information Security di Jaringan PRIMA, Jeffrey membagikan perspektifnya mengenai aspek-aspek apa saja yang perlu diperhatikan untuk memastikan keamanan data di era digital. Jaringan PRIMA sendiri merupakan sister company Primacom yang secara khusus memberikan layanan payment solution terintegrasi untuk mempermudah transaksi keuangan. Itu sebabnya, sebagai bagian dari institusi keuangan, aspek keamanan informasi menjadi hal yang sangat penting dan mendasar untuk menjamin kepercayaan pelanggan.

“Modus kejahatan di jagat digital semakin beragam seiring pesatnya arus digitalisasi. Ini seolah jadi pisau bermata dua. Di satu sisi, digitalisasi meningkatkan efektivitas proses bisnis dan membuat operasional makin efisien. Di sisi lain, digitalisasi juga memicu beberapa kekhawatiran serius, khususnya mengenai keamanan data,” jelas Jeffrey Sukardi.

Pakar information security, Jeffrey Sukardi, saat menyampaikan materi mengenai keamanan data perusahaan.

“Jangan mudah percaya jika mendapat iming-iming hadiah ataupun ancaman dari pihak lain. Salah satu modus penipuan di era digital adalah dengan memainkan kondisi psikologis korban dan memancing mereka agar secara sukarela memberikan informasi-informasi yang sifatnya privasi. Ini disebut juga sebagai social engineering,” terang Jeffrey.

Jeffrey juga menambahkan bahwa dari aspek teknologi, perusahaan dapat mengimplementasikan tiga hal paling mendasar untuk meningkatkan keamanan data. Pertama, dengan menginstalasi program antivirus di perangkat setiap karyawan. Kedua, dengan menggunakan firewall pada infrastruktur komunikasi perusahaan. Ketiga, dengan melakukan backup data secara berkala. 

Operational Head PRIMALINKnet Bandung Vivi Djajaprawira menyampaikan sambutan. 

Operational Head PRIMALINKnet Bandung Vivi Djajaprawira turut hadir dalam acara ini. Dalam sambutannya, ia mengungkapkan antusiasmenya memfasilitasi acara ini dan berharap kegiatan ini dapat menambah nilai Comm-IT menjadi komunitas para praktisi IT perusahaan yang lebih solid. Lebih lanjut, Vivi menyampaikan harapannya agar event seperti ini dapat menambah wawasan para peserta mengenai keamanan data perusahaan sekaligus menjadikan PRIMALINKnet lebih dikenal sebagai solusi komunikasi andalan bagi pelaku bisnis. 

“PRIMALINKnet senang sekali dapat terlibat aktif mendukung penuh penyelenggaraan acara ini. Semoga kita dapat saling mengenal lebih dekat. Nantinya, apabila ada kebutuhan yang dapat kami fasilitasi, jangan ragu untuk langsung mendiskusikannya ke kami. Dengan senang hati PRIMALINKnet siap membantu,” sebut Vivi.

Ketua Pengurus Comm-IT Bandung Saksono Braja mengapresiasi inisiatif PRIMALINKnet dalam memfasilitasi penyelenggaraan Comm-IT Gathering. Menurutnya, di era digitalisasi seperti sekarang, internet menjadi salah satu infrastruktur penting dan mendasar bagi pelaku industri. 

“Setiap industri pasti punya kebutuhan internet yang berbeda-beda. Sebagai contoh, bagi industri perhotelan, koneksi internet diperlukan untuk memperlancar operasional manajemen sekaligus menambah kenyamanan tamu saat berkunjung atau menginap. Untuk itu, layanan internet yang dapat menyesuaikan kebutuhan di setiap lini bisnis menjadi sangat diperlukan. Dan menurut saya, PRIMALINKnet mampu memfasilitasi kebutuhan tersebut,” sebut Saksono. 

Keseruan seluruh peserta dalam acara Comm-IT Gathering with PRIMALINKnet.

PRIMALINKnet sendiri merupakan layanan internet khusus bisnis yang cepat dan stabil dengan menggunakan teknologi 100% fiber optik. Layanan PRIMALINKnet dapat diatur sesuai kebutuhan spesifik setiap pelaku bisnis, termasuk kebutuhan untuk konfigurasi infrastruktur jaringan, pengawasan dan perawatan jaringan, mail and web server, engineer on site, dan layanan lainnya yang dapat menyesuaikan kebutuhan di lapangan. 

PRIMALINKnet juga dapat memfasilitasi pengembangan firewall untuk infrastruktur komunikasi perusahaan. Selain itu, Primacom sebagai induk usaha dari PRIMALINKnet juga memiliki layanan data center dan cloud yang dapat menjadi solusi terpercaya untuk kebutuhan data backup and recovery. 

Klik di sini untuk konsultasi lebih lanjut dan dapatkan penawaran menarik dari PRIMALINKnet!